Jumat, 05 Maret 2010

PERBEDAAN DUA KEHIDUPAN ANTARA DUA MASYARAKAT


Pada kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Dua Kehidupan Antara Dua Masyarakat yaitu Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan, yang di mana saya akan membahas dahulu tentang tentang pengertian masing – masing dari kedua masyarakat tersebut, dan pertama – tama saya akan menjelaskan pengertian dari masyarakat kota, apa itu masyarakat kota ???.


Masyarakat kota adalah masyarkat yang sangat identik dengan kehidupan yang modern dan masyarakat kota juga sering disebut Urban Community dan dapun pengertian dari masyarakat sebenarnya sangatlah banyak, di sini saya akan mengambil satu contoh yaitu pengertian masyarakat menurut Hasan Sadily. “Menurut Hasan Sadily masyarakat adalah golongan besar atau kecil dari beberapa manusia, yang dengan atau sendirinya bertalian secara golongan dan mempunyai pengaruh kebatinan satu sama lain” . dan sebenarnya masih banyak lagi pengertian – pengertian yang ada, saya akan sebutkan tokoh – tokohnya saja seperti R. Linton, MJ. Herkovits, J.L. Gilian, dan S.R. Steinmetz.


Dan adapun pengertian luas dari masyarakat adalah keseluruhan hubungan – hubungan dalam hidup bersama dan tidak di batasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya. Dan dalam arti sempit masyarakat adalah sekelompok manusia yang di batasi oleh aspek – aspek tertentu, misalnya territorial, bangsa, golongan, dan sebagainya.


Contoh Gambar Kehidupan Masyarakat Kota

Dan juga masyarakat kota memiliki beberapa ciri – ciri kehidupannya yaitu :


  • Kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa.
  • orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Yang penting disini adalah manusia perseorangan atau individu.
  • pembagian kerja di antra warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas – batas yang nyata.
  • kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak di peroleh warga kota di bandingkan warga desa.
  • interaksi yang terjadi lebih banyak terjadi berdasarkan pada factor kepentingan dari pada factor pribadi.
  • pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu.
  • perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.

Pengertian dari masyarakat desa adalah menurut dari Sukardjo Kartohadi suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan sendiri. Menurut Bintaro desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik dan cultural yang terdapat disuatu daerah dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal-balik dengan daerah lain.


Contoh kehidupan masyarakat desa


Dan adapun ciri – ciri dari masyarakat desa adalah :


  • Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antra ribuan jiwa.
  • Ada pertalian perasaan yang sama tentang kesukuaan terhadap kebiasaan.
  • Cara berusaha (ekonomi) aalah agraris yang paling umum yang sangat dipengaruhi alam sekitar seperti : iklim, keadaan alam, kekayaan alam, sedangkan pekerjaan yang bukan agraris adalah bersifat sambilan.

Jadi kurang lebihnya perbedaan antara masyarakat kota dan masyarakat desa seperti itu, sekian dah dari tulisan gua ini, ya udah gua mau mandi dulu nih blm mandi dari kemarin hehhehee … deeeeeeeeeeeeeeehhhh ^_^

0 komentar:

Posting Komentar